9 Prinsip Investasi yang Benar agar Anda Sukses

prinsip investasi

Terdapat beberapa prinsip investasi yang dikemukakan oleh William J. Berstein. Ia adalah seorang ahli atau pakar keuangan dari Amerika Serikat.

Prinsip investasi ini bisa membuat Anda berhasil hingga sukses. Berbagai prinsip investasi ini memang belum banyak diketahui dan cenderung diabaikan oleh para investor.

Apa saja prinsip-prinsip investasi yang benar agar Anda sukses? Berikut ini saya jelaskan 9 prinsip investasi yang harus Anda ketahui dan lakukan.

1. Berhenti Mendekati Kerumunan

Dalam berinvestasi, kita mungkin selalu berusaha mengikuti segala cara atau metode yang sedang ramai dibicarakan orang. Anda seolah-olah harus mendekati suatu kerumunan agar mampu meraih kesuksesan.

Tidak jarang juga Anda memaksakan sesuatu yang sebenarnya di luar kemampuan Anda demi mengikuti hal yang sedang dilakukan kebanyakan orang ketika berinvestasi.

Apakah ada jaminan atau kepastian jika kita selalu berada di tengah kerumunan atau tren yang sedang dilakukan kebanyakan orang? Jawabannya tidak.

Prinsip investasi yang pertama adalah berhenti mendekati kerumunan. Kita tidak harus selalu mengikuti sesuatu yang ramai dibicarakan orang.

2. Jangan Terlalu Percaya Diri

Kita harus menyadari bahwa selalu ada investor lain yang lebih berpengalaman, berpengetahuan, dan memiliki lebih banyak sumber dalam berinvestasi daripada kita.

Dulu saya melakukan investasi sendiri. Kini saya memiliki satu tim dalam mengurus investasi. Informasi dan data yang didapatkan dengan kerja tim tentunya semakin banyak dan lebih cepat sehingga saya memahami dunia investasi lebih baik.

3. Jangan Hanya Berpacu dengan Masa Lalu

Prinsip investasi yang ketiga menekankan agar kita tidak terlalu mengandalkan investasi yang terjadi pada masa lalu sebagai acuan masa kini.

Perubahan selalu terjadi dan modifikasi dalam investasi pasti ada. Jadi, jangan terlalu mengikuti cara dan kondisi investasi masa lalu sebagai indikator dalam melakukan investasi saat ini.

4. Hati-Hati dengan Sesuatu yang Terlihat Sangat Baik

Terkadang sesuatu yang terlihat sangat menarik dalam investasi tidak menjamin kesepakatan yang baik. Pesan dari prinsip investasi yang kelima ini berguna dalam memperingatkan Anda agar tidak selalu tergoda dengan hal-hal yang langsung menjamin kesuksesan.

5. Jangan Jadikan Investasi seperti Berlari Sprint

Investasi seharusnya tidak dijadikan seperti kompetisi lari sprint yang ingin cepat sampai. Anda perlu memahami bahwa investasi bersifat jangka panjang. Anda memerlukan daya tahan dan minat yang tinggi ketika berinvestasi.

6. Jangan Tertipu dengan Laporan Keuangan

Dalam investasi saham, pertumbuhan keuntungan memang menjadi acuan yang tepat. Namun, tidak jarang terdapat perusahaan yang memiliki pertumbuhan keuntungan tinggi karena manipulasi valuasi. Hal ini tentunya berbahaya bagi investasi Anda.

7. Waspadalah terhadap Perkiraan berdasarkan Kondisi Masa Lalu

Kita tidak bisa melakukan valuasi terhadap investasi dengan melihat nilai yang muncul pada masa lalu. Misalnya, pertumbuhan keuntungan dari investasi Anda beberapa tahun lalu sebanyak 20 persen. Apakah Anda yakin bahwa angka pertumbuhan keuntungan saat ini 20 persen juga?

Kita tidak pernah mengetahui tren pasar perekonomian. Anda harus memahami kondisi terkini, seperti tren permintaan pasar, kinerja perusahaan yang menjadi sasaran investasi Anda, dan lain sebagainya.

8. Fokus dan Selalu Periksa Portofolio Investasi Anda

Jika Anda telah berinvestasi pada suatu perusahaan, jangan lupa untuk memantau portofolio kepemilikan investasi Anda.

9. Hindari Country Club Syndrome

Apa maksud dari prinsip investasi dengan menghindari Country Club Syndrome?

Pada intinya, Anda tidak bisa berinvestasi dengan menjadikan pola pikir orang-orang yang memiliki kekayaan lebih sebagai acuan tindakan Anda.

Mereka jelas memiliki akses dan fasilitas yang lebih dalam melihat perkembangan investasi. Anda bisa saja salah dan rugi ketika mengikuti sama persis cara investasi mereka.

Kalau Anda ingin lebih memahami 9 prinsip investasi yang benar, saya juga sudah menjelaskannya secara rinci pada video dari kanal YouTube saya di bawah ini.

Itulah 9 prinsip investasi yang harus Anda pahami. Anda bisa menjadikan 9 prinsip ini sebagai pedoman dalam berinvestasi agar mampu mencapai kesuksesan.

Anda dapat memahami berbagai hal tentang investasi dan keuangan hanya dengan menonton video-video saya tentang investasi saham, trading saham, trading forex, investasi reksa dana, cryptocurrency, dan lain sebagainya di kanal YouTube saya.

Jika Anda merasa bahwa artikel dan video-video saya bermanfaat, jangan pernah ragu untuk membagikannya ke orang lain. Mari kita tingkatkan kecerdasan finansial bangsa Indonesia! 

Anda dapat mendukung upaya edukasi finansial dari saya dengan menekan tombol like pada setiap video di YouTube channel saya.

Jangan lupa tekan tombol subscribe di YouTube channel saya supaya Anda mendapatkan notifikasi apabila terdapat video terbaru dari saya. Salam investasi untuk Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *