Cara Membaca Saham yang akan Naik

saham yang akan naik

Kali ini saya ingin berbagi cara membaca harga saham yang akan naik. Kondisi yang membuat kita frustrasi pada pasar saham adalah ketika harga saham mengalami penurunan terus-menerus.

Dalam kondisi tersebut, kita mungkin bertanya kapan saham berbalik arah atau naik? Jika harga saham turun, kemungkinan harga untuk menurun lagi memang besar. Namun, saat harga saham mulai berbalik arah, maka potensi harga saham yang akan naik juga ada.

Sebelum menjelaskan cara membaca harga saham yang akan naik, saya perlu mengingatkan esensi trader dan investor saham. Jika harus memilih, apakah Anda termasuk trader atau investor saham?

Trader saham mengerti harga saham dan volume perdagangan, sedangkan investor saham mengerti cara membandingkan harga saham dan nilai perusahaan.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengetahui akhir dari tren penurunan harga saham sehingga harganya naik. 

1. Saham yang Harganya Turun, tapi Transaksi Makin Sedikit

Bayangkan sebuah barang dijual seharga 10 ribu rupiah dan banyak dibeli orang. Saat harga barang tersebut menurun, semakin banyak orang yang membelinya.

Namun, adakalanya terjadi kejenuhan pasar, yakni harga jual barang semakin turun dan minat transaksi berkurang. Gejala inilah yang dapat terjadi pada pasar saham.

Jika melihat grafik di atas, diagram batang berwarna putih dan hitam menunjukkan harga saham, sedangkan diagram batang bagian bawah berupa volume transaksi. Pada grafik tersebut terdapat, harga saham yang naik, tapi volume perdagangannya turun.

2. Mencari Titik Area Support dan Resistance untuk Melihat Saham yang akan Naik

Setelah mengetahui volume perdagangan, kini kita harus mencari titik henti support dan resistance. Titik stop yang berada di bawah disebut support, sedangkan titik stop di atas disebut resistance.

Ketika harga saham turun dan volume perdagangan turun, maka yang harus kita cari adalah titik stop di bawah. Pada gambar di atas, titik stop bawah adalah lingkaran yang paling kanan. Titik stop tersebut didapatkan karena terdapat nilai titik tertinggi sebelumnya, yaitu lingkaran paling kiri.

Hal yang perlu Anda ingat, jika sebelumnya berupa resistance, maka bisa saja sekarang menjadi support dan sebaliknya.

3. Melihat Saham yang akan Naik melalui Indikator Terapan Stochastic

Stochastic adalah indikator terapan yang memberikan gambaran jenuh jual dan beli pada saham. Pada gambar di atas, stochastic berupa dua garis penuh yang berada di bawah diagram batang volume perdagangan.

Saat harga saham naik, maka letak stochastic akan terlihat pada area atau garis paling atas. Kalau stochastic berada di bawah, maka menunjukkan saham harga yang rendah. Artinya, titik stochastic yang berada di bawah menandakan jenuh jual saham dan semakin titiknya naik atas menandakan jenuh beli.

Melalui stochastic, Anda bisa menyimpulkan beberapa hal. Pertama, harga mendekati support. Kedua, harga saham sedang turun. Ketiga, volume perdagangan turun. Keempat, stochastic sudah berada di bawah. Itulah beberapa ciri pasar saham yang mau berbalik arah atau saham yang akan naik.

4. Mengetahui Saham yang akan Naik melalui Reversal Pattern

Saya biasanya menggunakan pola reversal yang paling klasik, yaitu candlestick pattern. Melalui candlestick pattern, kita dapat memperkirakan arah pergerakan harga saham.

Jadi, Anda dapat membaca atau memperkirakan harga saham yang akan naik dengan 4 cara di atas.

Jika Anda ingin mempelajari cara membaca harga saham yang akan naik agar bisa melakukan trading saham dengan maksimal, sebaiknya Anda menyaksikan juga video penjelasan saya di bawah ini.

Anda juga bisa mempelajari berbagai hal tentang pengelolaan keuangan hanya dengan menonton video-video saya tentang investasi saham, trading forex, investasi reksa dana, properti, dan lain sebagainya di kanal YouTube saya.

Jika Anda merasakan manfaat dari video dan artikel saya, jangan pernah ragu untuk membagikannya ke orang lain.

Mari kita tingkatkan kecerdasan finansial bangsa Indonesia. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan cantumkan pada kolom komentar di video-video YouTube channel saya.

Dukung upaya edukasi finansial dari saya dengan menekan tombol like pada setiap video. Silakan subscribe YouTube channel saya supaya Anda mendapatkan notifikasi apabila terdapat video terbaru dari saya.

Semoga pesan saya bermanfaat bagi semua pembaca. Salam investasi untuk Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *